Pengerakan Aktif posyandu di Desa Gegerung membahas stunting

  • Sep 25, 2023
  • admin desa gegerung

Desa gegerung kecamatan Lingsar kabupaten Lombok Barat. Menggelar aksi stanting posyandu di beberapa rumah² warga, yang di lakukan pada hari dan hari Senin tanggal 11-9-2023, dan acara ini di gelar di kantor desa gegerung, kecamatan Lingsar, kabupaten Lombok Barat, dan acara ini di hari oleh semua kader posyandu.
   fungsi dari satnting posyandu ini adalah Posyandu merupakan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang diselenggarakan secara berkala setiap satu bulan sekali oleh masyarakat dengan dukungan petugas kesehatan. Kegiatan di Posyandu dikenal dengan sistem lima meja, terdiri atas: ,1 pendaftaran, 2 penimbangan, 3 pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS), 4 pelayanan kesehatan 5 penyuluhan. 
Posyandu merupakan garda terdepan dari pelayanan kesehatan dan gizi kepada ibu hamil dan anak balita. Saat ini, pemantauan pertumbuhan di sebagian besar Posyandu masih berdasarkan indikator berat badan menurut umur. Namun, di beberapa tempat sudah mulai diterapkan juga pengukuran tinggi badan menurut umur. Hal ini perlu diperluas ke seluruh posyandu untuk dapat memantau kondisi kekurangan gizi kronis (stunting) pada anak.